Friday, 23 July 2010

PERINTAH UNTUK MENDIRIKAN SHOLAT DAN BERKORBAN KARENA ALLOH

Q.S AL-KAUTSAR [108] AYAT (1-3) Yang artinya:
1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak.
2. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah
3. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus.
Keterangan:
Surat Al-kautsar diturunkan di mekkah setelah surat Al-Aadiyaat dan terdiri dari tiga ayat. Nama Al-kautsar diambil dari perkataan “Al-kautsar” yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
Surat ini diturunkan untuk menghibur Nabi Muhammad Saw karena orang-orang kafir mekkah (yang antara lain Ash bin Wail, Kaab bin Al-Asyrof dan lain-lain)., mengejek Rosululloh saw ketika putra beliau yang bernama wafat denganmengatakan “telah punah keturunan Muhammad” maka apabila binasa maka habislah riwayatnya tidak akan disebut-sebut lagi dan akan tercemar namanya untuk selama-lamanya.
Tuduhan dan perkataan orang-orang musyrik tersebut tidak benar sama sekali, karena Nabi Muhammad saw tternyata mempunyai pengikut yang banyak sekali sampai hari kiamat. Mereka selalu mengenang dan menyebut-nyebut nama beliau serta melanjutkan perjuangannya. Dan Nabi Muhammad sendiri mempunyai nama baik didunia dan di akhirat.
Dalam surat Al-Kautsar ini diterangkan, bahwa Alloh Swt telah melimpahkan ni’mat yang banyak sekali kepada Nabi di dunia dan Akhirat. Oleh karena itu Alloh memerintahkan kepada beliau agar mendirikan shalat dan berqorban dengan penuh ke ikhlasan karena Alloh. Juga ditandaskan dalam surat ini, bahwa orang-orang membenci beliau dan agama yang dibawanya, mereka itulah yang akan musnag dan binasa.
Kesimpulan :
1. Surat ini menerangkan, bahwa Alloh swt banyak seklai melimpahkan ni’matnya kepada Nabi Muhammad Saw, baik di dunia maupun di akhirat,
2. Alloh memerintahkan kepada Nabi, agar mendirikan shalat dan berkorban dengan hati yang ikhlas karena Alloh.
3. Nabi Muhammad saw mempunyai pengikut yang banyak yang senatiasa mengenang dan menyebut-nyebut nama beliau serta melanjutkan perjuangannya sampai hari kiamat.
4. Orang yang benci nabi Muhammad saw dan membenci agama yang dibawanya pasti musnah dan bianasa.

No comments:

Popular Posts

Selamat datang di blog kami. Semoga blog kami banyak manfaatnya bagi sobat rekan semua yang mengunjungi blog kami. Terima kasih atas kunjungan rekan semua. http://turalakpujingkai-ciamis.co.cc