Sunday 28 February 2010

Menentukan Kalimat Kesimpulan

MENENTUKAN KALIMAT KESIMPULAN DARI PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF
Paragraf Induktif adalah paragraph yang memiliki ide pokok di ahkir paragraph atau paragraph yang diawali dengan uraian atau penjelas bersifat khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum.
Jenis pola adalah sebagai berikut :
a. Generalisasi, yaitu paragarf yang meunculkan pernyatan –pernyataan khusus, kemudian diakhiri dengan pernyataan umum sebagai kesimpulan.
b. Analogi, yaitu membandingkan dua hal yang mempunyai persamaan- persamaan sifat kemudian ditarik kesimpulan.
c. Pola sebab akibat
Pola ini terbagi dalam :
1. Sebab akibat
2. Akibat sebab
3. Sebab akibat 1 –akibat 2
Contoh dari paragraph induktif;
Banyak penjual kerudung dijalan keluar pabrik. Disisi –sisi penjual itu nampak penjual kurma dan buah lainnya. Belum lagi penjual pakaian yang memajang hingga ujung jalan. Kerumunan pedagang tersebut membuat lalu lintas padat. Terlebih ketika para pekerja pulang dari pabrik, tetapi hal itu dapat dimaklumi. Memang setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak orang menjadi pedagang karena keuntungan yang besar.

Paragraph deduktif adalah paragaraf yang memiliki ide pokok diawal paragraph atau paragraph yang dimuli dengan pernyataan umum dan disusul dengan uraian atau penjelasan secara khusus.
Contoh dari paragraph deduktif;
Angka penganguran di Indonesia terus bertambah. Banyak factor yang menyebabkan hal ini. Kesempatan kerja yang kecil terasa timpang dengan banyaknya tenaga kerja aktif yang tidak tersalurkan. Banyak sarjana yang mengaggur setelah lulus dari bangku kuliah. Belum lahhi tenaga kerja di bawah level tersebut yang terus membengkak. Hal ini dipengaruhi dengan banyaknya karyawan yang di phk karena perusahaan goyang akibat krisis moneter.

No comments: