Monday 11 June 2012

Pemanfaatan Share Printer dan NetMeeting


Share/Sharing/Berbagi Printer adalah hal yang krusial jika memang aktivitas dari mencetak suatu laporan maupun dokumen-dokumen perkantoran, pribadi maupun yang lainya, sangat banyak dan dengan intensitas yang sangat tinggi.


Tujuan daripada berbagi printer adalah untuk memanfaatkan printer agar dapat di gunakan oleh banyak klient/workstation (baca:minimal 2 klient/workstation). dengan berbagi printer kita tidak perlu lagi mengcopy kan document kita kedalam flahsdisk atau storage lainnya untuk di pindahkan kepada printer yang terinstall pada komputer lain untuk dicetak, hal ini sungguh merepotkan dan membuang banyak waktu, terlebih lagi jika flashdisk yang kita gunakan terkena virus (baca:filenya ataupun virus berbentuk auto run), maka akan sangat merugikan.

Untuk menggunakan fasilitas printer bersama, yang pertama harus dilakukan adalah :
  • Kita sudah terhubung dengan jaringan/satu jaringan
  • Terdapat minimal satu printer yang akan digunakan bersama
  • Klient/workstation/komputer minimal 2 (dua)


Pemanfaatan Netmeeting dalam koneksi Jaringan

Konsep jaringan memungkinkan kita untuk dapat dengan mudah melakukan sejumlah kegiatan semisal berbagi file ataupun media perangkat lainnya. Secara garis besar manfaat teknologi jaringan adalah :
  1. Resource sharing, kemampuan untuk dapat berbagi sumber daya baik berupa file, perangkat semisal printer dan lain sebagainya.
  2. High Reliability, konsep yang memungkinkan kita untuk dapat menyimpan data pada sejumlah komputer yang terkoneksi dalam jaringan. Sehingga misalnya komputer yang kita gunakan sedang dalam keadaan rusak/perbaikan, kita masih dapat melakukan rutinitas kerja kita dalam mengolah/manipulasi data-data yang ada melalui komputer lain.
  3. Cost Efficiency, atau efesiensi biaya. Semisal untuk sejumlah komputer yang terkoneksi dalam jaringan bisa berbagi pakai sebuah printer saja.
  4. Optimalisasi Teknologi, seperti halnya pemanfatan teknologi program Netmeeting yang memungkinkan kita untuk bisa melakukan komunikasi, ataupun berbagi file, terhadap semua unit komputer yang terkoneksi dalam satu jaringan.


No comments: