Thursday 3 November 2011

Tipe data pada program pascal

Pengertian Tipe data menyiratkan suatu nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel. Tipe data dikelompokan menjadi dua macam yaitu :
  1. Tipe dasar
  2. Tipe bentukan
 Tipe dasar merupakan tipe data yang sudah dikenal dalam kehidupan sehari-hari. Tipe ini sudah sejak zaman dahulu. Yang di antaranya adalah
  1. Tipe integer
  2. Tipe boolen
  3. Tipe char
  4. Tipe real
  5. Tipe string

Tipe Integer atau bilangan bulat adalah tipe data yang nilainya tidak memiliki titik decimal. Dalam bahasa pemrograman pascal hanya digit yang bisa muncul sebagai integer, tidak boleh ada character lain termasuk koma kecuali + dan -. Adal lima tipe data yang termasuk dalam kelompok ini, yaitu byte, short int, word, integer, long int. Ada pun operasi yang berlaku pada bilangan integer :

Operasi Aretmatika
Operasi Perbandingan
+
-
*
>=
Div
<=
Mod
=

< >

Tipe Boolean adalah nilai data yang sangat penting untuk pengambilan suatu keputusan dalam suatu program karena pada tipe ini data akan mempunyai dua nilai, yaitu true dan false. Operator yang digunakan adalah and, or, not, and xor.

Tipe Char, kata char disini digunakan untuk mendefinisikan tipe data yang nilainya merupakan himpunan karakter yang dikenal komputer seperti dalam tabel ASCII. Dalam program pascal, nilai data tipe char ditulis diantara tanda petik, misalnya ‘F’ ‘A’ ‘U’ ‘Z’ ‘I’ ‘15’ ’12, dan perlu diingat bahwa data tipe char hanya terdiri dari 1 karakter seperti ’FAUZIAH RIZKY AMALIA’ atau ‘AMIK BINA SARANA INFORMATIKA’ yang merupakan tipe data char yang lebih kompleks sehingga disebut dengan string. Ada pun operasi yang berlaku pada operasi karakter :

Operasi
=
>=

 Tipe Real adalah suatu bilangan yang berisi titik desimal. Dalam bahasa pemrograman pascal minimal harus ada satu digit sebelum titik desimal. Tidak boleh ada koma dan nilainya bisa positif atau negatif. Dapat dinyatakan dalam bentuk eksponsial dengan notasi E,sebagai contoh: 0.00017543 adalah 1.7543E-4. Terdapat 5 macam data pada tipe real, yaitu: real, single, double, extended dan comp. Operator matematika yang digunakan adalah +, -, *, / Penggunaan tipe data real ini adalah dalam perhitungan matematika, sains dimana derajat ketelitian sangat diperhatikan. Ada pun operasi yang e=verlaku pada bilangan real :


Operasi
=
>=

Tipe String adalah String adalah untaian karakter dengan panjang tertentu. Nama tipe string adalah string. Ranah tipe string sama dengan ranah tipe char. Semua konstanta string harus diapit oleh tanda petik tunggal.
Tipe bentukan adalah tipe yang di definisikan sendiri oleh pemogram (user-defined type data). Tipe bentukan disusun oleh satu atau lebih tipe dasar. 
Ada dua macam tipe bentukan :
  1. Tipe dasar yang diberi nama tipe baru
  2. Tipe terstutuktur 
Tipe dasar yang diberi nama baru adalah tipe diamana seorang peemogram ingin memberi nama baru terhadap tipe dasar tersebut yang sudah dikenal, alasan dari pemberian nama tersebut mungkin agar nama baru tersebut lebih akrab dan lebih muda diinterpresentasikan oleh orang yang membaca teks algoritma tersebut. 
Tipe terstrukutur adalah tipe yang berbentuk rekaman. Rekaman tersebut disusun oleh satu atau lebih failed, tiap failed menyimpan data dari tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya.

No comments: