Saturday 15 October 2011

Relasi Kelas Pada C++

Jenis relasi antar kelas terdiri dari pewarisan, agregasi, asosiasi. Pewarisan merupakan hubungan antar satu kelas dengan kelas lain dalam suatu hirarki kelas induk dan kelas turunan. Superclass (“kelas dasar” atau “kelas induk”) merupakan kelas yang lebih general dalam relasi “is-a”. subclass (“kelas turunan” atau “kelas anak”) merupakan kelas ang lebih sepesifik dalam relasi “is-a”. Objek yang dikelompokan dalam sub kelas memiliki atribut dan perilaku kelas induk, dan juga atribut dan perilaku tambahan. Kita mengatakan subcalass “mewarisi” suatu superclass (atau juga bisa dikatakan sebuah subclass “turunan dari” suatu superclass).

Agregasi merupakan hubungan antar kelas yang menyatakan sutau kelas merupakan bagian dari kelas yang lain atu hubungan antar kelas yang menyatakan suatu kelas memiliki kelas lain sebagai atribut. Agregasi merupakan relasi “has a”. contoh :
  • Mobil meiliki mesin
  • Fakultas terdiri dari jurusan
  • Rumah memiliki dapur
Mobil, Fakultas dan Rumah dinyatakan sebagi kelas agregat. Mesin, jurusan, dan dapur merupakan kelas penyusun.

Kardinalitas menyatakan jumlah objek penyususnan yang terlibat dalam pembentukan relasi agregasi. Suatu kelas agregat dibentuk dari beberapa (disimbolkan dengan*) objek kelas penyusun.

Asosiasi menggambarkan hubungan structural antar kelas. Setiap kelas memiliki kedudukan yang sama (tidak merupakan bagian dari kelas lain). Pada saat merancang relasi antar kelas, ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu berapa objek yang terlihat dari masing –masing kelas yang ber –relasi dan apakah relasi tersebut bersifat wajib (mandatory) atau opsional.

No comments: