Tuesday 26 July 2011

Yang baru di Android Honeycomb

Google akhirnya resmi mengumumkan dan mempertontonkan kehadiran Android 3.1 Honeycomb. Android pun akhirnya terkuak bakal tampil dalam dua arah bisnis, dimana Honeycomb hanya akan tersedia untuk tablet.


Secara umum perbedaan antara android untuk smartphone dengan android untuk tablet dapat di kelompokan dalam dua kategori : Interpace dan Aplikasi standar yang dibenamkan didalamnya.

Interface

Perbedaan utama antara Android smartphone dengan tablet teletak pada ukuran dan resolusi layarnya. Dengan pertimbangan tersebut, tampilan interface harus digarap ulang. Salah satu contohnya pada tampilan dekstop, ada lima costum home screen yang memberikan pengguna akses ke semua menu Honeycomb.

Layar Homescreen yang ditampilkan dalam format grid memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk menambahkan widget, shortcut aplikasi, dan wallpaper dengan menekan ikon+ dipojok kanan atas. Bagi pengguna smartphone mereka tentu akan bertanya-tanya dimana tombol menu berada, tombol menu mengilang dan berubah menjadi berbasis konteks. Tombol menu tampil dipojok kanan atas hanya ketika dibutuhkan dan settingan aplikasinya dapat dikustomisasi.

Ketika ada even masuk seperti email dan pesan maka akan ditampilkan pada bagian pojok kanan bawah selama beberapa detik. untuk menampilkan kembali anda cukup menyentuk ikon jam. pesan yang masuk akan ditampilkan bersama dengan menu setting.

Aplikasi Standar

Setelah menelusuri interface anda dapat merasakan perbedaan yang cukup berarti dengan menelusuri aplikasi standar yang tertanam pada OS Honeycomb.
1. Browser
Dengan ukuran dan resolusi yang lebih besar, google telah berusaha sebaik mungkin untuk membuat pengguna merasakan pengalaman menjelajah dunia maya layaknya menjelajah we dekstop.
Diantara fitur yang layak mendapatkan ancungan jempol adalah kemampuan untuk berpindah anatar jendela secara cepat, multiouch zoom, insert alamat secara otomatis thumbnail situs-situs yang pernah dikunjungi.

2. Kalender
tampilan kalender pada Honeycomb ini tidak berbedah jauh dengan OS android smartphone lainnya selain ukurannya yang tampak lebih besar. dengan ukuran yang lebih besar anda dapat dengan nyaman mengatur jadwal dan merencanajan agenda aktivitas harian anda.
Cukup sentuh tanggal even yang akan anda agendakan, maka akan muncul nama even, waktu dan pengaturan alaram lainnya.

3. Kalkulator
Tampilan kalkulator sudah dilengkapi dengan mode scientific.

4. Google Talk
selain mendukung voice chat dan text chat, aplikasi Honeycomb juga telah mendukung video chat.

5. Clock
jam pada tablet Honeycomb dapat diperluas hingga memenuhi seluruh layar tabel serta telah dibekali dengan alaram pengingat.

6. Gmail Contact
Daftar kontak gmail yang disematkan pada Honeycomb telah mendukung penambahan kontak personal yang searchable.

7. Gallery
Galeri foto dapat menamoilkan Thumbnail foto dalam satu album. selain itu, anda dapat juga memperbesar gambar yang anda inginkan dengan metode multi touch.

8. Music
Daftar album musik pada tablet Honeycomb ditampilkan dalam bentuk slide sheet, sehingga anda dapat memilih album yang ingin anda dengarkan. tidak ada pengaturan equalizer dan fitur tambahan pada pemutar musi Honeycomb.

9. Gmail dan Akun Email lainnya
Tampilan akun email pada honeycomb sama dengan tampilan pada web dekstop.

10. YouTube
Jendela aplikasi YouTube dapat menampilkan video dari YouTube. sangat menarik dan interaktif..

Sumber : Koran POnsel

No comments: