Sunday 27 September 2009

Human Genome Project

Genom adalah semua informasi genetic yang terdapat pada satu individu atau satu spesies. Didasasri oleh keinginan untuk mmengetahui kelainan genetic yang menyebabkan penyakit, maka munculah ide untik mengetahui semua rangkaian genom manusia yang dituangkan dalam Human Genom Project (HGP). HGP merupakan proyek yang dikordinasikan oleh Departemen of energy and the national institutes of health amerika serikat.

Negara yang terlibat dalam proyek ini antara lain Inggris, Jepang, jerman, perancis, dan cina. HGP dimulai pada tahun 1990 dan selesai pada tahun 2003.

Hasil dari itu diketahui urutan 3 milyar pasang basa di sepanjang kromosom manusia. Selanutnya dalam pemetaan den kromosom dapat dilakukan dengan cepat. Para peneliti hanya perlu mengetahui sepotong urutan basa pada gen yang ingin di ketahui, kemudian akan menentukan dimana letak gen tersebut dalam kromosom manusia.

Ilmuan berharap dengan pemetaan kromosom manusia selain membantu menemukan gen muatan untuk kelainan pada manusia juga mengembangkan obat untuk menyembuhkan kelainan itu. Selain itu juga dapat untuk menentukan gen yang sesuai untuk terapi gen dan memperbaiki fenotif. Beberapa penyakit yang terletak pada lokus kromosom manusia nomor 17 antara lain leukemia, kanker payudara, kanker ovarium, kekurangan hormoan pertumbuhan, katarak dan Alzheimer.

Ada beberapa masalah yang berakitan dengan etika falam pemanfaatan pengetahuan tntang genom manusia. Penting bagi setiap orang untuk memperoleh pengetahuan dan pendidikan tentang genom manusia karena pada akhirnya masyarkatlah yanga akan menentukan apakah sutu tindakan baoleh di lakukan atau tidak.

No comments: